Daily Report Part 6

Assalamu'alaikum.wr.wb
Hello gengs😉
Pada minggu ini saya berpindah section ke pastry. Pastry / patiseri adalah salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan berbagai jenis kue . Patiseri berasal dari bahasa Prancis " Patisserie " yang berarti kue-kue.Patiseri dengan demikian dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kue, mulai dari persiapan , pengolahan sampai dengan presentasi.
Pastry di dunia perhotelan adalah salah satu departemen f & b yang produknya bertugas membuat kue dan dessert kue untuk sarapan, coffe break, makan siang & makan malam .

Seperti biasanya, setiap pagi saya meng-handle breakfast. Tapi karna saya sudah berpindah section ke pastry, kali ini saya meng-handle pancake dan wafle. Setelah jam breakfast slesai, saya membuat adonan pancake dan wafle untuk besok. Lalu saya diajari membuat cake dan jajanan pasar yg akan di sajikan untuk besok. Menu cake dan jajanan pasar, setiap harinya dibedakan agar customer tidak bosan. 

Apakah kalian tau, apa itu pancake dan wafle? Pancake dan wafle adalah dua hidangan ala western yg cukup populer di Indonesia. Meski hampir serupa, tapi keduanya tak sama. Adonan keduanya jg hampir mirip yaitu campuran dari telur, butter, tepung, gula dan bahan lainnya. Proses pembuatannya pun hampir mirip. Pancake dimasak dengan wajan datar sedangkan wafle dibuat dengan wajan berbentuk. Rasa dan tampilannya jg hampir mirip yaitu berwarna kuning keemasan dengan aroma harum vanili. Keduanya akan terasa lebih enak jika disajikan dengan es krim di atasnya. Yang membedakan antara pancame dan wafle adalah teksturnya. Wafle memiliki tekstur yg lebih padat dibandingkan dengan pancake. Pada rasanya, pancake memiliki rasa yg manis sedangkan pada wafle rasa gurih.  Yuk liat videonya!!



Komentar

Postingan Populer