Daily Activity 2/4/18

Assalamu'alaikum.wr.wb

Hallooooo gengsss..

Pada minggu praktik kali ini kami akan menyiapkan menu ala carte. Menu ala carte adalah menu yang disiapkan untuk 1 porsi dengan 1 harga. Namun saya tidak ikut membantu teman-teman dalam menyiapkan bahan yang akan digunakan. Alasannya karna hari ini saya akan melakukan personal cooking. Sebenarnya hari ini bukan giliran saya, tapi karna teman saya yang berhubung sakit jadi hari ini adalah giliran saya untuk melakukan personal cooking. Nama makanan yang akan saya buat yaitu Nasu pute. Nasu Pute adalah masakan khas Bugis yang menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Nasu berarti masakan, Pute berarti putih. Masakan ini memang berwarna putih pucat karena tidak menggunakan kunyit ataupun bumbu cabe besar yang memberi warna kemerahan pada masakan.







*Nama Bahan
- Ayam 1 ekor
-Santan dari 1 butir kelapa (santan kental dan cair)
-Serai geprek
-Jintan bubuk 1 sdt

*Bumbu halus
-Bawang merah 7 butir
-Bawang putih setengah bonggol
-Jahe 2 ruas jari
-Serai 1

*Cara pembuatan
1. Masak ayam sampai dagingnya empuk lalu saring.
2. Tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma harum dan tambahkan jintan bubuk. Gunakan api sedang.
3. Masukkan santan dan serai geprek. Tunggu sampai boil.
4. Tambahkan seasoning/perasa.
5. Masukkan ayam. Simer (api kecil) dan biarkan bumbu meresap.
6. Nasu pute siap dihidangkan.



Nah setelah nasu pute sudah jadi, saya disuruh menjelaskan tentang cara pembuatannya. Setelah itu saya membantu teman-teman menyiapkan bahan yang akan digunakan. Setelah semuanya selesai, kami break 1 jam lalu dilanjutkan dengan general cleaning. Setelah itu kami pun pulang. Hari yang melelahkan, Semangat genk!!!

#Terimakasih

Komentar

Postingan Populer